Cari Blog Ini

Rabu, 30 Januari 2019

12 Alikasi pembelajaran matematika berbasis IT

     Pembelajaran matematika di kelas cukup mempengaruhi tingkat pemahaman dan penguasaan siswa tentang matematika. Hal inilah yang mengharuskan pembelajaran matematika harus dikemas semenarik mungkin, salah satunya dalam penyampaian materi matematika. Media pembelajaran matematika lewat teknologi tentunya menjadi alternative wajib yang harus dikuasai oleh para calon guru matematika, sehingga dalam pembelajarannya tidak terkesan monoton dan membosankan.
Berikut adalah aplikas - aplikasi dalam Pembelajaran Matematika Berbasis IT :

1. KALKULATOR GRAFIK MATHLAB

    Graphing Calculator dari Mathlab adalah kalkulator grafik ilmiah dengan kemampuan aljabar yang menjadikannya perangkat matematika yang taktergantikan untuk pelajar sekolah dasar hingga menengah serta universitas, atau siapapun yang membutuhkan kemampuan yang lebih dari yang ditawarkan kalkulator pada umumnya. Aplikasi ini didesain untuk menggantikan kalkulator grafik yang mahal dan besar, dan bekerja pada semua ponsel atau tablet Android.
Terlebih lagi, Graphing Calculator dari Mathlab menampilkan perhitungan langkah demi langkah pada tampilan layar kualitas tinggi perangkat Android Anda, membuat pengguna dapat lebih mudah memahami dan melihat perhitungan. 
Kegunaan aplikasi :
Aplikasi ini memiliki dua keunggulan :
Pertama, aplikasi dapat digunakan sebagai kalkulator ilmiah seperti kalkulator ilmiah umumnya, dengan kelebihannya untuk menampilkan langkah-langkah perhitungan sembari mengetik, melihat dan mempelajari cara mengerjakan perhitungan dan cara menemukan jawaban akhirnya.
Kedua, kemampuan membuat grafiknya yang sangat hebat! Kalkulator tidak hanya menampilkan grafik dengan indah, tetapi juga secara otomatis memberikan nilai x dan y dan menampilkannya.

Dapat digunakan sebagai :
KALKULATOR ILMIAH :
 - Untuk menghitung eksponensial, logaritma (ln, log), fungsi trigonometri sin π/2, cos 30°, ...
 - Fungsi hiperbola sinh, cosh, tanh.
KALKULATOR GRAFIK
 - Dapat menggambar lebih dari satu grafik
KALKULATOR PECAHAN, KALKULATOR ALJABAR dan KALKULATOR MATRIKS.
Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk pelajaran Fungsi Trigonometri.


2.  ALGEBRATOR (SISTEM PERSAMAAN KUADRAT)

Algebrator adalah salah satu software program aljabar yang paling kuat yang pernah dikembangkan untuk mengatasi masalah aljabar Anda yang paling sulit kepada mahasiswa, guru, pekerja profesional dan lembaga - lembaga pendidikan saat ini, yang akan melaksanakan pembelajaran aljabar. Cara penggunaannya pun mudah, cukup ketik soal dengan bantuan beberapa toolbar yang ada, Algebrator akan membantu menyelesaikannya dengan langkah-langkah yang mudah dipahami sampai menemukan solusinya.
Kegunaan aplikasi :
Berikut beberapa masalah yang dapat Algebra selesaikan:
Menyederhanakan aljabar, Pemfaktoran, Persamaan Linear 2 Variable, Persamaan Linear 3 Variable, Operasai dengan fungsi (domain, kodomain,...), Geometri dasar dan trigonometri, dan  Menyederhanakan logaritma.
Aplikasi sangat cocok digunakan untuk pembelajaran aljabar.


2. WINPLOT

Winplot adalah suatu program yang dapat digunakan untuk menggambar grafik dan mengeksplorasi sifat-sifat grafik fungsi (Fungsi Kuadrat Fungsi Trigonometri, Persamaan Lingkaran, Fungsi invers, Limit Fungsi, Diferensial, Integral, Program Linear, Transformasi, Fungsi Eksponen dan Logaritma).
Kegunaan aplikasi :
Fasilitas-fasilitas program winplot:
Digunakan pada bermcam-macam fungsi matematis seperti sin x, ex, dan lain-lain.
Dapat memperlihatkan beberapa grafik dalam sumbu yang sama.
Memvariasikan macam-macam warna, gaya dan ketebalan, dari grafik fungsi.
Memberi label pada grafik, sumbu, dan titik.
Menyisipkan teks pada grafik.
Mengatur kembali skala sumbu koordinat dengan mudah, termasuk memperbesar dan memperkecil.
Memberi tanda pada titik-titik tertentu yang perlu diperhatikan seperti titik maksimum atau titik potong.
Membuat animasi pada grafik.
·           Menggambar hasil operasi dua buah fungsi
·           menggambar transformasi (rotasi, refleksi) suatu grafik
·           menggambar luasan hasil perputaran grafik
·           mengarsir daerah dengan batas-batas kurva tertentu
Aplikasi  ini sangat cocok digunakan untuk pembelajaran trigonometri.


3.  GEOGEBRA

Geogebra  adalah   software   matematika   dinamis   yang   menggabungkan geometri,  aljabar, dan kalkulus, Software    ini dikembangkan  untuk  proses  belajar  mengajar  matematika  di  sekolah  oleh Markus  Hohenwarter  di  Universitas  Florida  Atlantic.
Di satu sisi, GeoGebra adalah sistem geometri dinamik. Anda dapat melakukan konstruksi dengan titik, vektor, ruas garis, garis, irisan kerucut, begitu juga dengan fungsi, dan mengubah hasil konstruksi selanjutnya.
Salah satu ontoh penggunaan yang sangat sederhana misalnya pada kotak isian input saya memasukan fungsi kuadrat, maka setelah menekan tombol [Enter] grafik fungsi kuadrat tersebut akan ditampilkan. Dengan menggunakan tool point yang disediakan, saya mengklik dua titik perpotongan grafik tersebut dengan sumbu x, sebagai penyelesaian dimana y=0. Selain itu sebagai contoh juga dapat di gunakan dalam pembelajaran integral
Kegunaan aplikasi :
Tentunya GeoGebra dapat pula digunakan untuk menyelesaikan dan menggambarkan berbagai persoalan matematika yang lebih kompleks bagi pandangan saya. Saya sendiri, karena keterbatasan ilmu matematika tentunya tidak dapat menggambarkan secara lengkap kegunaan dari GeoGebra, namun jangan kuatir, menu-menu dapat disetting menggunakan Bahasa Indonesia, termasuk menu bantuan (help) yang dapat membantu mengenal dan menggunakan Geogebra ini sesuai dengan materi yang akan dipelajari atau diajarkan.
Geogebra juga dapat di gunakan sebagai  Media pembelajaran matematika,  Alat bantu membuat bahan ajar matematika dan  Meyelesaikan soal matematika .
Aplikasi ini sangat cocok digunakan dalam pembelajaran geometri.


4. PHOTOMATH


Photomath merupakan aplikasi Android yang dapat membantu menyelesaikan berbagai soal matematika yang kamu hadapi, baik di sekolah atau bangku kuliah. Aplikasi ini bisa dibilang merupakan kalkulator berbasis kamera. Kamu cukup memotret soal matematika yang akan dikerjakan. Setelah itu Photomath akan menampilkan jawabannya.
Jika ingin mengetahui bagaimana soal tersebut dijawab, kamu cukup tap soal matematika yang diproses Photomath. Kamu akan dibawa ke halaman khusus yang menjabarkan langkah demi langkah dalam menjawabnya.
Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk pembelajaran dasar matematika untuk operasi bilangan pada matetika.

5. AUTOMATH PHOTO CALCULATOR


AutoMath Photo Calculator mirip seperti Photomath. Cara menggunakannya juga sama. Kamu hanya perlu mengarahkan kamera ke soal matematika dan memotretnya. AutoMath Photo Calculator pun akan menjawab soal matematika itu untukmu. Sayangnya aplikasi ini masih belum bisa membaca soal yang ditulis tangan, tidak seperti Photomath.
Kegunaan aplikasi :
Kelebihan AutoMath Photo Calculator ada pada rumus-rumus yang bisa membantu pengguna menyelesaikan berbagai soal matematika. Ada lebih dari 250 rumus yang bisa kamu manfaatkan. Fitur ini bisa menjadi alternatif bila kamu menemukan soal matematika yang tidak terbaca oleh kamera.
Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk pembelajaran dasar matematika untuk operasi bilangan pada matematika.

6. MALMATH

MatlMath merupakan aplikasi matematika dalam wujud kalkulator. Pengguna cukup memasukkan soal yang ingin dijawab melalui virtual keyboard yang tersedia. Sebelum memulai menggunakan MalMath, kamu akan diberikan tutorial bagaimana cara menggunakannya.
Kegunaan aplikasi :
Aplikasi ini akan memberikan beberapa cara untuk menjawab sebuah pertanyaan. Kamu juga bisa melihat langkah demi langkah dalam menjawab soal matematika yang dimasukkan.
Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk pembelajaran dasar matematika untuk operasi bilangan dan mencari limit, integral DLL  pada matematika.


7. MATH TRICKS

Seperti namanya, aplikasi yang satu ini secara khusus akan mengajakmu belajar berbagai trik unik untuk menyelesaikan soal-soal matematika. Ada puluhan trik operasi yang bisa kamu temukan, mulai dari perkalian dan pembagian, akar kuadrat, hingga operasi yang melibatkan bilangan-bilangan tertentu (misalnya perkalian bilangan dua digit yang memiliki angka puluhan sama dan angka satuan yang bila ditambah sama dengan sembilan).
Kegunaan aplikasi :
Tentu saja karena sifatnya hanya trik, apa yang diajarkan di aplikasi ini mungkin tidak selalu bisa kamu gunakan di soal sungguhan. Selain itu kamu juga akan menemukan cukup banyak iklan di dalamnya. Kelebihannya, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk beradu game matematika secara multiplayer.
Aplikasi ini sangat cocok digunakan dalam pembelajaran cara cepat dalam menyelesaikan operasi bilangan pada matematika.


8. CALCULATOR N+


Calculator N+ menawarkan solusi open source untuk membantumu menyelesaikan berbagai macam persoalan matematis. Jenis soal yang bisa kamu lakukan cukup beragam, termasuk di antaranya penyederhanaan persamaan, pengecekan logika, ekspansi trigonometri, operasi matriks, dan lain-lain.
Kegunaan aplikasi :
Selain operasi perhitungan, Calculator N+ juga memiliki fungsi-fungsi sampingan yang cukup berguna. Misalnya konverter satuan unit dan tampilan grafik dalam 2D maupun 3D. Tentu saja, berhubung ini aplikasi open source, kamu juga bisa menilik source code dan memodifikasinya bila kamu membutuhkannya.
Aplikasi ini sangat cocok digunakan dalam pembelajaran trigonometri dan aljabar.


9. 1300 MATH FORMULAS MEGA PACK


Aplikasi ini bukan kalkulator atau pemecah soal, melainkan koleksi rumus-rumus matematika yang bisa kamu simpan dalam sakumu. Ada 1300 rumus di aplikasi ini yang meliputi beragam topik. Dari rumus geometri, diferensial, integral, matriks, aljabar, hingga probabilitas, komplet!
Kegunaan aplikasi :
Setiap rumus dikelompokkan berdasarkan topiknya, jadi kamu bisa mencari rumus dengan cukup cepat. Memang dibandingkan aplikasi lainnya, 1300 Math Formulas Mega Pack tidak begitu canggih. Tapi aplikasi ini cukup membantu ketika kamu lupa rumus di tengah soal, dan sedang tidak membawa buku teks untuk referensi.
Aplikasi ini sangat cocok digunakan dalam pembelajaran trigonometri dan aljabar kalkulus dll.

10.  MATRIX INVERSI KALKULATOR dan MATRIKS DETERMINAN KALKULATOR
Aplikasi ini adalah kalkulator matematika, yang mampu menghitung invers dan determinan : Matriks 2x2, Matriks 3x3 dan 4x4 matriks dari matriks. Alat matematika yang terbaik untuk sekolah dan perguruan tinggi! Dapat membantu untuk belajar aljabar linear!
Kebalikan dari matriks A adalah matriks B, dengan AxB = I dimana I adalah matriks identitas dan perkalian yang digunakan adalah perkalian matriks biasa. Matriks A adalah matriks nonsingular jika matriks yang dapat dibalik, dan determinan dari matriks ini tidak sama dengan 0.
Kegunaan aplikasi :
Aplikasi digunakan untuk mempermudah kita dalam belajar aljabar linear khususnya mencari invers suatu matriks dan determinannya.

Cocok digunakan untuk pembelajaran Aljabar linear.

11. MATHWAY

Mathway merupakan aplikasi matematika yang cukup lengkap. Soal matematika dasar, algoritma, kalkulus, dan kimia dapat dipecahkan menggunakan aplikasi ini. Begitu membuka Mathway, kamu akan dihadapkan pada virtual keyboard untuk memasukkan soal matematika di sisi bawah layar, serta jenis soal matematika beserta rumusnya di sisi atas.
MathWay memiliki tampilan yang lebih sederhana dibanding dengan MalMath. Cara menggunakannya juga lebih mudah berkat adanya jenis soal matematika. Dengan begitu, rumus yang tidak ada kaitannya tak akan dimunculkan pada layar.
Ada beberapa kekurangan pada aplikasi ini. Kamu diharuskan mendaftar jika ingin melihat langkah demi langkah dalam menjawab soal matematika. Selain itu, fitur kamera kalkulator yang disematkan cukup sulit digunakan dibanding dengan Photomath atau Automath Photo Calculator.

12. MATH EXPERTS

Math Experts merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai rumus matematika, fisika, teknik elektro, kimia. Semuanya rumus diatur berdasarkan kategorinya, seperti rumus trigonometri pada kategori matematika, dan rumus massa pada kategori fisika. Pembagian ini juga memudahkan kamu dalam menyelesaikan berbagai soal dengan mudah.
Kamu cukup mencari kategori soal yang ingin dipecahkan dan memasukkan angka-angka pada kolom yang telah disediakan. Setelah itu tap tombol Calculate untuk menemukan jawabannya. Math Experts juga menyediakan fitur grafik untuk soal-soal tertentu.


DAFTAR PUSTAKA


http://puputaplikasi.blogspot.com

http://id.techinasia..com/kumpulan-aplikasi-untuk-menjawab-soal-dan-belajar-matematika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar